Selayang Pandang

بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji hanyalah milik Allah subhanahu wa ta’ala, yang telah mengutus Rasul-Nya dengan hidayah, dan membawa agama yang benar yaitu Islam, untuk mengalahkan seluruh agama-agama yang ada, dan cukuplah Allah sebagai saksi. Dan kami bersaksi bahwasanya tidak ada satu pun sesembahan yang berhak untuk disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan kami bersaksi bahwasanya Muhammad shalallahu ‘alihi wa sallam adalah utusan Allah. Sholawat dan salam kepada beliau, keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik dan benar.

يا أيها الناس اعبدوا ربكم الذي خلقكم والذين من قبلكم لعلكم تتقون .الذي جعل لكم الأرض فراشا والسماء بناء وأنزل من السماء ماء فأخرج به من الثمرات رزقا لكم فلا تجعلوا لله أندادا وأنتم تعلمون

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu; Yang telah menciptakanmu dan orang-orang Sebelummu, agar kamu bertaqwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan buatmu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah padahal kamu mengetahui.” (Al Baqarah 21)

الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا ونبينا وحبيبنا روسول الله، أما بعد :

Ketahuilah wahai saudara-saudariku kaum muslimin dan muslimah – semoga Allah merahmati kalian- bahwa wajib atas kita semua mempelajari empat permasalahan :

Pertama,

Ilmu. Yaitu mengenal Allah, mengenal Nabi-Nya, dan mengenal dinul Islam lengkap dengan dalil-dalilnya. Karena tidak boleh bagi kita beribadah kepada Allah tanpa dasar ilmu. Barangsiapa yang berbuat demikian (yakni beribadah tanpa ilmu) maka dia akan terjerumus pada kesesatan, dan dengan itu dia telah menyerupai orang-orang Nashara.

Kedua,

Amal. Barangsiapa yang berilmu namun tidak beramal maka dia telah menyerupai orang-orang Yahudi yang ciri khas mereka adalah berilmu namun tidak mau beramal. Di antara tipu daya syaithan adalah menjauhkan manusia dari ilmu dengan alasan bahwa orang jahil akan diampuni oleh Allah. Padahal orang yang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk belajar namun dia tidak mau melakukannya maka sesungguh tidak ada alasan lagi baginya kelak di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala.

Inilah alasan kaum Nabi Nuh ketika mereka bersikap sebagaimana Allah kisahkan : “mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.”(Nuh : 7)

perbuatan mereka tersebut tidak lain untuk menghindar dari hujjah (dalil) kebenaran.

Ketiga,

Berdakwah. Karena para ‘ulama dan para da’i adalah pewaris para Nabi. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah melaknat Bani Isra’il karena mereka : “satu sama lain selalu tidak melarang tindakan Munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya sangat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.”

Dakwah dan Mengajarkan ilmu adalah fardhu kifayah hukumnya..

Keempat,

Bersabar dalam menghadapi gangguan dalam mempelajari ilmu, mengamalkannya, dan mendakwahkannya.

oleh karena itulah sebagai bentuk partisipasi dari kami dalam rangka mengentaskan kejahilan dari umat dan dalam rangka memudahkan para pencari ilmu agama yang sungguh diwajibkan bagi setiap musilim dan muslimah, maka kami mengumpulkan risalah-risalah singkat dengan harapan bisa mewakili sedikit dari kebutuhan yang besar terhadap ilmu-ilmu syari’at.

ما لا يدرك كله لا يترك جله

Apa yang tidak bisa diraih semuanya,

janganlah ditinggalkan semuanya.

Kami berupaya untuk menyajikannya secara singkat dan mencukupkan dengan dalil-dalil yang shahih  dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kami tidak menyatakan bahwa kami telah mencapai kesempurnaan, karena kesempurnaan itu adalah khusus milik Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Namun ini semata-mata upaya dari kami untuk menyajikan sesuatu yang sedikit yang ada pada kami. Jika ada yang benar maka itu datangnya dari Allah, dan jika ada kesalahan maka datangnya dari syaithan sedangkan Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari kesalahan tersebut. Dan semoga Allah merahmati orang-orang  yang mau menunjukkan kesalahan-kesalahan kami dengan kritik yang membangun.

Kami memohon kepada Allah agar memberikan pahala kepada semua pihak yang turut andil berpartisipasi demi tersajikannya jendela maya (blog) ini dengan sebaik-baik pahala. Dan semoga amal-amal mereka diterima di sisi-Nya.

Kami persembahkan jendela maya ini kepada segenap anak cucu adam seantero jagad raya ini,  sebuah blog yang berisi risalah-risalah ilmiah yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah di atas bimbingan jejak para alim ulama ahlus sunnah yang tegak di atas tauhid dan sunnah dan aqidah (keyakinan) yang benar.

Blog ini dikelola oleh salah seorang putra bangsa sebuah negeri dengan jumlah penduduk muslim terbesar di jagad raya : Republik Indonesia Raya, yang kini tengah melakukan perjalanan menuntut ilmu agama islam di bumi Nabi-nabi Jazirah Arabia.

Semoga Allah menjadikannya bermanfaat bagi umat.. Amin Yaa Rabb’al ‘Alamin

@admin jejakrusul pada https://jejakrusul.wordpress.com/

jejak.rusul@gmail.com

Sya’ban 1431 H

أبو أمامة العدني

آل إسكندار علام

Bumi Nabi-nabi Jazirah Arabia

19 Komentar

19 thoughts on “Selayang Pandang

  1. Abu Ishaq

    Assalamu ‘alaykum wa rohmatullahi wa barokatuh………

  2. Abu Zayd

    Assalamu’alaykum
    Ada kekurangan di blog ini, mohon disertakan keterangan siapa adminnya.
    Syukron

  3. Assalamu ‘alaikum warahmatullah ya akhi fillah. Salam kenal ya ana dari sulsel. Barakallahu fiik..

  4. Assalamu’alaikum warahmatulloh, ahsan mencantumkan siapa saja pengelola blog ini, bahkan bila perlu ada kontak personnya. Jadi bagi kami yang masih ingin belajar, bisa menghubungi. Hayyakumulloh, semoga Alloh membalas kebaikan bagi pengelola blog ini. Amin.

    • waalaikumusalam warahmatullahi wa barokatuhu,

      kami rasa cukup jelas nama admin untuk mewakili, dan tidak perlu di data satu-persatu, karna memang kita tidak sedang ingin membuat data sensus, sebagian ikhwan kita ada yang takut terkena penyakit hubudh dhuhur, (senang tampil), maka jika ada yang salah dari kami bisa dilayangkan kritikan yang membangun. contact person bisa dilayangkan via email di : jejak.rusul@gmail.com

      tentunya semua itu kita hadapkan kepada Al-Qur’an dan Sunnah, silahkan ditabayyun dan dicocokkan, jika memang artikel-artikel dari kami harus tertolak karna standart penetapan hukum majhul yang salah kaprah. barakallahu fikum

  5. Abu Zakariyya

    Masya Alloh, Barokallohu fiikum. Semoga memberi maslahat bagi umat dengan menampilkan dakwah salaf yang bermartabat.

  6. Wawan (Abu Abdillah)

    BIsmillah. Alhamdulillah dengan website ini semoga membri faeadah bagi ana di Malang Indonesia. Jazkmhr

  7. abu mush'ab al malanji

    bismillah
    assalamualaikum,smg hal ini bermanfaat,min fadhlik, apakah boleh mengcopy sebagian materinya,jazzakumullahu khairan
    salam dari ikhwah sawojajar dan dirgantara malang

  8. abu mush'a(ibnu darius)

    bismillah.min faghlik mohon diangkat tema apa yang dilakukan seorang penuntut ilmu yg mendapat rintangan dari orang tua,dan tema pernikahan
    jazzakuumullah khairan.

  9. Yusaq (Malang)

    Bismillah, kaifa haluka ya akhii.

    • Alhamdulillah, ana bi khoir, salam buat seluruh ikhwah disana, teteap semangat dan istiqomah dalam menuntut ilmu syar’i.
      Allahu yubarik fikum

  10. HayyakaLLAH ya Aba Asadillah..
    Kaifa l hal? bkher? mabsuth..
    Mana Update an nya nih??

  11. Nanang

    ASSALAMU ALAIKUM,…

    blognya alhamdulillah bi idznillah bermanfaat…
    antum skarang dmana ??
    di saudi atw di yaman ??

    ijin share,..

    salam dri ikhwa di makassar…

  12. abu hammam

    ambillah ilmu (Al-quran dan As-sunnah pemahaman Salaf) itu dimanapun ia berada,engkau yang butuh terhadap ilmu bukan ilmu yang butuh kepadamu…..hayyakumullah wa baarokallah fiikum wa fii ilmikum jamiian

  13. abu hammam

    afwan ustad klu boleh tampilkan Biografi syekhunaa Abdurohman Hafizohullah yaa hayyakumullah

  14. Bismillah,
    afwan Ana iji copy artikel2 yang ada untuk disebarkan ke kaum muslimin dan di muat web ana http://alghurobaonline.wordpress.com

    Jazakallahu khairon

    • tafadhol, silahkan bersama pencantuman link sumber penukilan.

      Jazakumullahu khoiron semoga menjadi tambahan bagi timbangan amalan baik kita.

  15. andi marman

    assalamualaikum..
    akhi klw hanya berkunjung saja boleh ngga..berapa biayanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: